Dukungan PT Donggi Senoro LNG Masuki Tahun Ketiga

Kehadiran Pengajar Muda di Kabupaten Banggai telah memasuki tahun ketiga sejak tahun 2012 lalu,  selama itu pula PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) mendukung penuh pendampingan 4 SD di daerah tersebut. Bersama-sama, selama dua tahun Indonesia Mengajar disertai dukungan DSLNG, melakukan ikhtiar yang terus dijalankan sebagai upaya menumbuhkan semangat perubahan di Kabupaten Banggai. Tidak semata-mata perubahan itu hanya dicitakan atau disaksikan sementara, pada akhirnya perubahan itu haruslah bergulir serta berkesinambungan dengan dukungan aktor-aktor pendidikan yang terus bergerak mendorong kemajuan pendidikan.

Pada tahun pertama (2012) pendampingan 4 SD dukungan DSLNG oleh Pengajar Muda (PM) di Kabupaten Banggai, PM sudah banyak melakukan inisiasi untuk menumbuhkan semangat positif, salah satunya yaitu kegiatan Kelas Inspirasi Banggai, yang diikuti juga oleh Pimpinan Perusahaan DSLNG (DSLNG Dukung Peningkatan Minat Baca di Banggai). Selain itu, kreatifitas Pengajar Muda dalam berbagi cerita daerah serta kisah dari Banggai tertuang dalam sebuah Lentera Banggai, yaitu sebuah bulletin hasil karya mereka yang bertujuan untuk menyebarluaskan cerita dari daerah.

Kehadiran Pengajar Muda telah banyak memberikan geliat positif di daerah penempatan dukungan DSLNG. Bahkan, geliat itu tidak hanya ditemukan di daerah penempatan Pengajar Muda saja, tapi sudah meluas ke kabupaten terdekat lainnya. Kobaran semangat para penggerak daerah dapat terlihat pada Februari 2015 lalu, Kelas Inspirasi yang awalnya diinisiasi oleh Pengajar Muda, sekarang telah meluas dan berhasil diselenggarakan oleh para penggerak lokal Banggai Laut. Banggai Laut adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Banggai Kepulauan. Para local champion yang bermunculan secara aktif di Kabupaten Banggai terus berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di daerahnya, hal ini merupakan pilar utama dalam mempersiapkan keberlanjutan, warga lokal yang menjadi relawan telah berjejaring dan menumbuhkan gerakan serta roda semangat baru yang terus berputar.

Pada tahun 2015 ini, Dukungan DSLNG telah memasuki tahun ketiga. DSLNG mengukuhkan kesiapannya untuk mengiringi jejak keberlanjutan di Banggai dengan menyatakan komitmen dukungannya kembali pada Indonesia Mengajar, DSLNG ingin ikut terus berkontribusi mendorong kemajuan pendidikan di Banggai. DSLNG turut serta dukung penugasan mengirimkan 4 Pengajar Muda ke daerah penempatan kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Pada tanggal 02 Februari 2015 penandatanganan kerja sama dilaksanakan di Jakarta yang diwakili oleh Gusrizal selaku Presiden Direktur DSLNG dan Leomirnandi Djohan Karamoy  selaku Direktur Urusan Korporat DSLNG dan Hikmat Hardono selaku Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Mengajar. Konsistensi DSLNG dalam mendukung Indonesia Mengajar merupakan implementasi dari value DSLNG untuk selalu menjadi perusahaan dengan prinsip tanggung jawab social yang percaya bahwa upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia merupakan awal dari prinsip keberlanjutan. Fokus DSLNG pada bidang pendidikan dasar sejalan dengan Indonesia Mengajar, bersama mengejar dampak berkelanjutan dalam upaya terciptanya lapis generasi bangsa masa depan yang memiliki pendidikan berkualitas. 

**

Kelas Inspirasi merupakan salah satu bagian dari gerakan Indonesia Mengajar yang mengajak para profesional untuk turun ke Sekolah Dasar  selama sehari untuk berbagi cerita mengenai profesi mereka masing-masing. Relawan professional ( Inspirator)  akan cuti sehari untuk mengikuti kegiatan ini. Inspirator akan menjadi sumber inspirasi tentang keberagaman profesi dan yang paling terpenting adalah mengajak mereka untuk membangun mimpi  dan bercita-cita besar.

** Ditulis oleh Frieka Nursari, Officer Divisi Partnership Engagement


Ikut Iuran