Hari Turunnya Al Qur'an di Desaku, Kuala Baru, Aceh Singkil
Oleh: Nurma Nita Aprilia,

Peringatan Nuzulul Qur’an 1441 H/2020 M di Kecamatan Kuala Baru, Kab. Aceh Singkil

Sejak Ramadhan belum tiba, PM dan para pemudi desa yang aktif dalam kegiatan Tahfidz Qur’an bersama pihak Kecamatan sudah merencanakan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an saat Ramadhan nanti. Kegiatan Nuzulul Qur’an di Kec. Kuala Baru, Aceh Singkil, berupa beragam perlombaan untuk anak-anak dan remaja.

Berbagai tantangan dihadapi PM dan teman-teman pemudi. Tidak adanya biaya dari kecamatan, hingga himbauan dari kepolisian untuk tidak mengadakan kegiatan apapun, karena adanya pandemi Covid-19, yang ketika itu telah melanda kota Banda Aceh. Namun, dengan semangat yang besar dari teman-teman pemudi dan kerja sama yang kompak antara pemuda-pemudi dan masyarakat Kuala Baru, dengan beberapa adaptasi, Alhamdulillaah, kegiatan Nuzulul Qur’an dapat diadakan.

Tepatnya pada 17 Ramadhan 1441 H, 15 Mei 2020, hari pertama perlombaan diadakan. Kegiatan terdiri dari dua hari, 15 dan 16 Mei 2020, dengan sembilan cabang lomba, yaitu Tartil, Tilawah, Asmaul Husna, Shalawat, Pidato, Puisi, Adzan, Percakapan Bahasa Arab dan Tahfidz.

Kegiatan perlombaan Nuzulul Qur’an berjalan lancar dan khidmat, dengan penerapan protokol kesehatan, serta dilengkapi suka cita anak-anak Kuala Baru, yang semangatnya berprestasi kembali tersulut di tengah-tengah absennya kegiatan sehari-hari mereka, sekolah dan mengaji Tahfidz.

Atas izin Allah SWT dan berkat bantuan banyak pihak, mulai dari pemuda-pemudi desa, pemerintah desa dan kecamatan, organisasi keagamaan, hingga masyarakat luas, PM memiliki kesempatan untuk berkontribusi di masyarakat dan menjadi saksi betapa indahnya jika semua pihak turut serta dalam memajukan pendidikan.

Salam hangat dan semangat dari desa pesisir Kuala Baru. Doakan masyarakat dan anak-anak kami dapat terus merasakan menyenangkannya belajar dan indahnya pendidikan.

Oleh: Nurma Nita Aprilia, Pengajar Muda XIX
Desa Kuala Baru, Kab. Aceh Singkil
Aceh SIngkil, 15 Juni 2020

Cerita Terbaru
Cerita menarik lain dari Pengajar Muda

Hari Turunnya Al Qur'an di Desaku, Kuala Baru, Aceh Singkil

Bab 2 : Ngelong

Bab 1 : Ibu Guru Baru

Prolog : Bumi Silampari

Merica dan Pendidikan Lalomerui

Seluruh Cerita

Lihat seluruh cerita Pengajar Muda

Ikut Iuran