Cerita Masyhur Aziz Hilmy


Des
24
A good headmaster would have nudged his students with soft words that would go straight to their hearts and make them weep, that's what Pak Nurhuda believes. The thing is, Pak Nurhuda spoke of it with such reverence that I could not help but sprinkle a couple grains of salt to what he said.  Yet I've had my students wept, then surreptitiously wiped their eyes, and proceeded to ...
Des
21
Kalau camp pelatihan pengajar muda ada di dunianya The Handmaid's Tale yang dikarang oleh Margaret Atwood, mungkin kami--yang dinilai kompeten untuk melakukan lebih dari yang disyaratkan--akan menerjemahkan frase "go the extra mile" secara harfiah dan menambah porsi lari pagi wajib menjadi 18 menit setiap hari. Tapi tentu saja kalau melihat teman-teman yang bergerak digelayuti kantuk tiap pagi buta, gamblang dan nyata kami tidak hidup di keseragaman distopia. Untungnya.
Des
03
Kami berencana untuk pasang badan mengiklankan diri di persami karena di acara seperti inilah berkumpul banyak siswa dan guru dari seluruh kecamatan di Kabupaten Banggai. Kalau tahun lalu, kami hanya mengenalkan Indonesia Mengajar secara lisan, tahun ini kami ingin memperdalam perkenalan tersebut: dengan kegiatan bermanfaat dan material-material fisik. Satu kardus print-out website Anak Bertanya Pakar Menjawab dan Ruang Belajar kami siapkan. Termasuk di antaranya adalah membagikan buletin buatan kami sendiri.

Nov
30
Rentetan titel tambahan mungkin akan saya dapat kalaupun saya tidak jadi Pengajar Muda. Disangka ojek. Jadi tukang ketik. Merana mules. Tapi ketika cerita ini terjadi selama perjalanan satu tahun terakhir, cerita ini menjadi Pengalaman,
Nov
27
Tahun lalu, ketika diumumkan bahwa saya akan bertugas setahun di daerah transmigrasi yang banyak orang Jawanya, saya bersyukur dan menyesal. Bersyukur dengan asumsi rintangan saya berkurang satu: kendala bahasa. Menyesal karena Bahasa Jawa saya acakadut, saya tidak bisa berbahasa krama inggil.

Nov
23
Beberapa bulan yang lalu, aku tidak sadar kalau kosakataku mulai berubah ketika berhadapan dengan orang lokal dan anak-anak di sini. Kini, hampir selesai masa tugas kami, tetap banyak kata-kata yang tidak aku mengerti. Apalagi kalau dorang so mulai bicara Bahasa Saluan. Saya tinggal angguk-angguk sopan.
Nov
10
I like teaching science, not least because there are so many different things to do. I can send my students to read, I can make them run before I ask them to count their heartbeats, I can ask them to draw the lungs and then let them color it. The possibilities are endless.

Nov
03
Saya senang Pak Kepala Sekolah menerima usul saya untuk mengumumkan hasil semifinal Olimpiade Sains Kuark (OSK) yang lalu ketika apel diadakan. Karena di situ saya bisa dengan bangga mengumumkan bahwa Yoga berhasil meraih peringkat 1 se-Kabupaten Banggai pada semifinal OSK level 3 bulan April lalu. Saya bersyukur saya tidak ikut menangis juga.
Okt
26
Tahukah kamu apa saja resepnya untuk membuat tulisan seperti Belajar Mencintai Indonesia? Yang pertama, siapkanlah notebook yang baterainya penuh. Yang kedua, waktu dan tempat. Terakhir, anak-anak. Tambahkan pula kesabaran dalam dosis tinggi untuk melakukannya di SDN Trans Batui 5. Karena di balik setiap cerita seperti di atas, ada banyak respon yang seperti ini