Komitmen Tahir Foundation Dukung Pendidikan di Perbatasan Indonesia

Oleh: Ayu Apriyanti | 31-05-2018

Setelah menjalani pelatihan intensif selama tiga (3) minggu online dan lima (5) minggu offline, akhirnya para Pengajar Muda Angkatan XVI kembali ke ibukota untuk mengikuti rangkaian kegiatan pelepasan yang salah satunya adalah Meet the Leaders (MTL). Kegiatan bertajuk “Together towards Tomorrow” ini mendatangkan sejumlah pemimpin dalam bidangnya untuk memberikan pembekalan kepada Pengajar Muda. Suntikan semangat kali ini dihadiri oleh Yayasan, Mitra Perusahaan, dan juga Pemerintah Daerah. Kegiatan yang tiap tahunnya menjadi wadah silaturahmi antara pihak yang mendukung Indonesia Mengajar ini, menunjukkan bahwa usaha dalam memperbaiki pendidikan Indonesia adalah misi bersama.

Pada kegiatan MTL ini, hadir pula Bapak Aizirman Djusan, Ph.D, M.Sc., Econ., selaku Advisor Tahir Foundation yang sejak Februari lalu berkomitmen mendukung gerakan ini. Proses penandatanganan nota kesepahaman antara Tahir Foundation dan Indonesia Mengajar telah dilakukan di Kantor Indonesia Mengajar pada 14 Februari 2018 dengan dihadiri langsung oleh pendiri Tahir Foundation, Bapak Dato’s Sri Prof. DR. Tahir, MBA. dan perwakilan Indonesia Mengajar serta para alumni Pengajar Muda. Kedatangan perwakilan dari Tahir Foundation pada kegiatan MTL ini merupakan wujud dukungan dan partisipasi aktif Tahir Foundation sebagai instansi yang mendukung program pengiriman Pengajar Muda. Tahir Foundation sendiri berkomitmen mendukung pendanaan pengiriman Pengajar Muda untuk dua kabupaten, yakni Nunukan - Kalimantan Utara yang berbatasan dengan Malaysia, dan Pegunungan Bintang - Papua yang berbatasan langsung dengan Papua New Guinea. Perwakilan yang hadir pada kegiatan MTL pun berkesempatan untuk berbincang secara langsung dengan para Pengajar Muda yang akan diberangkatkan. Karena, tidak hanya tentang pendidikan di daerah, pengembangan kompetensi kepemimpinan anak-anak muda sebagai calon pemimpin masa depan ini juga menjadi hal yang dirasa sama pentingnya dan ingin dicapai melalui program ini oleh Tahir Foundation dan Indonesia Mengajar.

Indonesia Mengajar sebagai gerakan pendidikan, sudah mengirimkan guru-guru muda yang dikenal dengan Pengajar Muda ke penjuru nusantara sejak 2010. Sebanyak 841 Pengajar Muda telah ditugaskan di 247 sekolah dasar yang tersebar di 28 kabupaten di Indonesia. Selain pengiriman Pengajar Muda, Indonesia Mengajar juga memiliki wadah gerakan kerelawanan yang telah melibatkan lebih dari 240.562 relawan. Capaian gerakan ini tak pernah lepas dari dukungan semua pihak yang terlibat dan ikut bekerja untuk pendidikan. Kerjasama Indonesia Mengajar dengan Tahir Foundation pun diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia kedepannya.