Dukungan Ancol dalam Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan

Oleh: Afif Alhariri Pratama | 10-07-2019

Setelah menjalani penugasan selama satu tahun di penempatan, 33 Pengajar Muda Angkatan XVI telah kembali ke Jakarta pada hari Selasa, tanggal 21 Mei 2019 yang lalu. Para Pengajar Muda ini telah menyelesaikan tugas di penempatan masing-masing, yaitu Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Konawe, Kabupaten Sabu Raijua, dan Kabupaten Maluku Barat Daya. Begitu tiba di Jakarta, para Pengajar Muda Angkatan XVI ini langsung mengikuti Orientasi Pasca Penugasan (OPP) hingga Sabtu, 25 Mei 2019. Program ini diadakan untuk mempersiapkan para Pengajar Muda dalam menghadapi kehidupan pasca satu tahun penugasan di daerah, sehingga ke depannya mereka akan lebih dapat memetakan tujuan ke depannya. Kegiatan OPP ini diadakan di Allianz Ecopark yang terletak di Pademangan, Jakarta Utara sebagai bentuk dukungan dari PT Pembangunan Jaya Ancol kepada Indonesia Mengajar.

OPP dibuka tepat pukul 09:00 WIB oleh Bapak Hikmat Hardono selaku Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar beserta Bapak Satrio Andito selaku Manager Allianz Ecopark. Pembukaan ini dihadiri oleh 33 Pengajar Muda Angkatan XVI dan juga officer dari Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar. Dalam sambutannya, Bapak Satrio menyampaikan bahwa pihak Ancol menerima kedatangan para Pengajar Muda Angkatan XVI dengan antusias. Hal ini disambut dengan gembira oleh para peserta OPP.

Selain itu, untuk mempersiapkan para Pengajar Muda Angkatan XVI dalam menghadapi kehidupan pasca penugasan, Bapak Agus Sudarno selaku Direktur Rekreasi membagikan pengalamannya dalam bidang intrapreneur dalam Sharing Session. Sesi ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 23 Mei 2019 di aula Allianz Ecopark pukul 19:00 WIB. Bapak Agus Sudarno berbagi tentang sejarah Ancol, tentang bagaimana membangun sebuah bisnis hiburan, lengkap dengan berbagai tips dalam menjadi seorang enterpreneur ataupun intrapreneur yang sukses. Di akhir sesi, para Pengajar Muda Angkatan XVI mulai berjejaring dengan Bapak Agus Sudarno untuk mendiskusikan hal-hal terkait materi Sharing Session pada malam itu.

"Strategi bisnis Ancol sangat menarik untuk dipelajari sebagai pemahaman intrapreneurship," komentar Marfi, salah satu Pengajar Muda Angkatan XVI.

Sejak tahun 2018 sampai saat ini, PT Pembangunan Jaya Ancol telah senantiasa mendukung terlaksananya program-program Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar khususnya dalam dukungan tempat untuk para Pengajar Muda, termasuk dalam OPP kali ini. Karena itu, segenap keluarga besar Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar mengucapkan terima kasih atas partisipasi PT Pembangunan Jaya Ancol dalam mendukung terlaksananya OPP Pengajar Muda Angkatan XVI dan juga dalam mempersiapkan Pengajar Muda Angkatan XVI untuk menghadapi kehidupan pasca satu tahun penugasan di daerah. Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk ikut serta dalam mendukung pendidikan anak-anak di segenap penjuruh Indonesia.