Bagaimana Kami Bekerja

Terus bekerja menemani para pejuang pendidikan di berbagai titik di seluruh penjuru Republik Indonesia.

Pendekatan Indonesia Mengajar

Indonesia Mengajar percaya bahwa masyarakat pasti bisa mandiri dan tumbuh saling menguatkan satu sama lain, dan meyakini bahwa kemajuan pendidikan di suatu daerah ditentukan oleh para pelaku pendidikan yang ada di daerah tersebut, yaitu guru, kepala sekolah, orang tua, pemerintah kabupaten serta masyarakat lainnya.

Untuk itu pendekatan program yang dipilih Indonesia Mengajar bersifat holistik yaitu:

1. Mengirim orang, bukan uang/barang
Merekrut dan membekali generasi muda potensi terbaik bangsa yang memiliki semangat mengajar dan inisiatif tinggi terhadap perubahan. Pengajar Muda bertugas mengajar dan tinggal bersama masyarakat di desa selama satu tahun sekaligus menjadi inspirasi dan motivasi untuk anak-anak didiknya serta motor perubahan bagi pemangku kepentingan lain.

2. Melibatkan semua orang
Bekerja erat dengan berbagai pemangku kepentingan sebagai mitra langsung, yaitu: kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan pemerintah lokal (tingkat kabupaten sampai ke tingkat desa).

3. Berfokus pada perubahan perilaku
Fokus pada perubahan perilaku individu dan seluruh pemangku kepentingan sebagai sebuah kesatuan entitas serta membangun komunikasi aktif dan positif di dalam entitas tersebut.

4. Bekerja jangka panjang
Menempatkan Pengajar Muda secara bergantian dan kontinu sampai 5 tahun di sebuah SD binaan untuk memastikan perubahan yang berkelanjutan tanpa menciptakan ketergantungan kepada sebuah sosok atau program.

Pengelolaan dan Pelaksanaan Program Pengajar Muda

Dalam upaya memastikan pencapaian tujuan, Indonesia Mengajar melakukan pengelolaan program secara terencana dan menjadikan pembelajaran sebagai bagian dari budaya organisasi. Pengajar Muda merupakan ujung tombak dari tercapainya dampak sosial yang diharapkan. Berikut adalah aktivitas dalam pengelolaan program Pengajar Muda:

Membangun Keberlanjutan Daerah

Indonesia Mengajar bekerja di satu daerah selama lima tahun untuk mendorong perubahan berkelanjutan. Meyakini pentingnya melibatkan, mengembangkan dan mengkolaborasikan berbagai stakeholder, Indonesia Mengajar membagi fokus kegiatan di daerah dalam tiga tahap. Diharapkan setelah lima tahun, daerah-daerah tersebut dapat melanjutkan upaya memajukan pendidikan di daerahnya secara mandiri tanpa adanya Pengajar Muda.

 

TAHAP I
PELIBATAN

 

TAHAP II
PENGEMBANGAN

 

TAHAP III
KOLABORASI

Pengajar Muda fokus menemukan aktor lokal dan melibatkannya dalam inisiatif tingkat desa hingga kabupaten yang berpotensi menggerakkan masyarakat di daerahnya.

 

Pengajar Muda fokus mengembangkan kapasitas para aktor lokal dengan menjejaringkan mereka dan membuka interaksi dengan entitas di luar kabupatennya.
 

 

Pengajar Muda fokus mendorong terjadinya kolaborasi aktor lokal baik di daerahnya maupun dengan entitas lain di luar daerahnya.

 

 

 

Lebih lanjut tentang dampak Indonesia Mengajar »