Tim Indonesia Mengajar

Orang-orang di balik layar yang senantiasa menjaga agar Gerakan Indonesia Mengajar terus berkembang

Yundriati Erdani

Pengurus Yayasan

Yundrie merupakan lulusan Teknik Kimia Universitas Gadjah Mada, Pengalamannya terlibat aktif dalam berbagai kegiatan kerelawanan di bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat semasa sekolah dan mahasiswa mendorongnya untuk terus berkontribusi di bidang tersebut.

Sempat bekerja di bidang industri hingga awal 2003, Yundrie  kemudian menjadi tim peneliti mengenai Implementasi Kebijakan Standarisasi & Pelabelan Produk Pangan di 5 kota besar di Indonesia pada tahun 2003-2004, dan kemudian sebagai tim peneliti asesmen kebutuhan untuk Scaling up Program Praktek-Praktek Terbaik dalam Pelayanan Publik di tahun 2005. Pada kurun 2004-2007 Yundrie juga banyak terlibat dalam perencanaan dan pengelolaan program-program pengembangan kapasitas untuk anggota DPRD dan privat sector.

Akhir tahun 2007, bersama rekan-rekannya yang memiliki visi yang sama Yundrie mendirikan Yayasan Pengembangan Pendidikan dan Telematika Indonesia. Melalui lembaga ini Yundrie terlibat aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan program, antara lain program pendampingan dan pengembangan sekolah di Aceh Utara, Majene, Bojonegoro, serta program-program pengembangan kapasitas untuk guru sekolah vokasi di kota-kota lainnya di Pulau Jawa.

Yundrie yang semasa mahasiswa juga aktif di Senat Mahasiswa Universitas dan Unit Kegiatan Mahasiswa, memercayai pentingnya membangun dan mengembangkan jejaring. Karena itu sembari bekerja ia terlibat aktif di keanggotaan dan kepengurusan organisasi profesi dan organisasi alumni.  Di organisasi alumni Yundrie turut aktif dalam menginisiasi program-program pelibatan alumni dan bersama rekan-rekannya mengembangkan Kagama Leadership Program.

Keterlibatan Yundrie di Indonesia Mengajar diawali pada akhir 2009, ketika gerakan ini mulai diinisiasi. Sedari awal hingga November 2012 Yundrie bertanggung jawab sebagai Operation Manager yang mengelola asesmen, kerjasama & komunikasi daerah, serta pendampingan Pengajar Muda selama masa penugasan di daerah. Selanjutnya pada Desember 2012 – September 2014 Yundrie bertugas sebagai Partner Engagement Manager yang bertanggung jawab dalam menggalang dan mengelola kerjasama dengan partner untuk pendanaan program dan organisasi. Kini, setelah menjadi Internal Engagement Manager pada September 2014 – Juni 2015, Yundrie dipercayai sebagai Pengurus Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar.

Untuk menambah pengetahuan dan melengkapi pengalaman praktisnya di bidang pengembangan masyarakat, Yundrie kemudian melanjutkan pendidikan magister di bidang Community Development, Poverty & Corporate Social Responsibility di Universitas Indonesia.