Tim Indonesia Mengajar

Orang-orang di balik layar yang senantiasa menjaga agar Gerakan Indonesia Mengajar terus berkembang

Rahmat Danu Andika

Advisor

Ayah seorang putera ini adalah alumnus Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung. Semasa kuliah aktif di berbagai kegiatan dan menjabat dalam berbagai organisasi. Hal itu lah yang menumbuhkan ketertarikannya pada bidang pengembangan sumber daya manusia.

Sempat bekerja di sebuah perusahaan tambang batubara di Kalimantan, pada tahun 2010 kehidupan Dika kemudian bersinggungan dengan Gerakan Indonesia Megajar dan menjadi salah satu Pengajar Muda (PM) angkatan pertama yang bertugas di Desa Pelita, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Selama masa penugasan sebagai PM, Dika mengaku mendapat banyak pelajaran dari kehidupan masyarakat di daerah terpencil. Ia juga lebih mendapat gambaran tentang ke-Indonesia-an selama berada di desa yang belum terjangkau PLN dan sinyal telepon seluler itu. Keinginannya yang besar untuk berperan aktif dalam bidang pembangunan sumber daya manusia, membuat Dika berencana untuk melanjutkan pendidikan di bidang Public Policy.

Sejak kembali dari penugasan pada 2011, Dika bergabung dalam divisi Public Engagement Indonesia Mengajar, yang memiliki fungsi penggalangan publik untuk terlibat dalam gerakan pendidikan Indonesia. Kini, Dika mendukung Indonesia Mengajar dengan menjadi Advisor.

Dika pernah berpendapat, “Republik ini tidak kekurangan stok orang baik dan pintar. Republik ini cuma kekurangan stok orang berani. Mari jadi bagian dari orang-orang yang bisa memenuhi kebutuhan itu."