Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Sani Nurhikmah (Nin)

Anak pertama dari pasangan Nandi dan Upu Waliah ini bernama lengkap Sani Nurhikmah yang lahir dan besar di tanah sunda. Lulusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Saat kuliah, Sani aktif  berkegiatan dalam organisasi kampus. Tahun 2015 ia diamanahi sebagai Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa PGPAUD FIP UPI. Karena memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan sosok perempuan struggle, pada tahun 2016 ia pun diamanahi sebagai Ketua Badan Urusan Rumah Tangga Dewan Perwakilan Mahasiswa REMA UPI. Dalam organisasi inilah ia banyak mendapatkan ilmu kepemimpinan dan team building yang sekarang dapat menjadi bekal Pengajar Muda.

Selepas lulus, Sani menjadi salah satu pengajar di PAUD Sabumi Bandung. Karena ia berkompeten dalam bidang pendidikan anak usia dini, satu semester setelahnya ia diangkat menjadi Kepala Sekolah PAUD Sabumi Bandung. Walaupun usianya terbilang masih muda, kemampuannya dalam mengelola keperluan sekolah tidak dapat diragukan lagi.

Sani pun menggemari kegiatan outdoor, seperti hiking. Meskipun Sani perempuan bertubuh mungil ia tahan terhadap medan pendakian. Hal ini membuat ia senang terhadap tantangan dan memiliki jiwa petualang.

Semenjak masuk dunia perkuliahan ia telah memiliki cita-cita untuk menjadi Pengajar Muda, namun barulah setelah lulus ia mendaftarkan diri menjadi Pengajar Muda. Menurut ia, berkontribusi nyata menjadi Pengajar Muda adalah tanggung jawab ia sebagai mahasiswa lulusan ilmu pendidikan. Ia pun ingin memastikan langsung bahwa harapan anak-anak di SDN Inpres Bumbakon, Desa Bumbakon, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang masih menyala. Dan kehadirannya sebagai Pengajar Muda bisa menjadi pemantik untuk masyarakat setempat.

Connect