Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Rahmat Jaya Eka Syahputra

Seorang pemuda yang biasa dipanggil dengan JES ini bernama Lengkap Rahmat Jaya Eka Syahputra dan merupakan Sarjana Sains dalam bidang Ilmu Kimia dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Selama masa kuliahnya, pemuda 24 Tahun ini juga aktif dalam kegiatan riset, sosial dan organisasi. 

Dia pernah bergabung pada Badan Eksekutif Mahasiswa kabinet Optimis di Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret sebelum akhirnya terpilih melalui pemilu terbuka sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Kimia pada tahun 2014. 

Setelah dua tahun menjadi aktivis organisasi kampus yang melatih dirinya dalam pengembangan kepribadian dan kepemimpinan, Dia aktif dalam kegiatan sosial dan riset. Solo Mengajar menjadi tempatnya untuk berkontribusi terhadap pendidikan. Peran ini kemudian dia lanjutkan dengan bergabung kelompok KKN Mandiri UNS “Solove Papua” dimana selama dua bulan ditempatkan di Kampung Yenanas, distrik Batanta Selatan, Papua Barat. 

Riset yang dia lakukan difokuskan pada pengembangan energi baru dan terbarukan seperti Pirolisis polipropilen, Biodiesel, Katalis dan Sel Bahan Bakar. Berawal dari riset dia terpilih sebagai Finalis OSN Pertamina kategori Science Projectdan beberapa risetnya didanai oleh Dikti melalui PKM. 

Pada tahun 2016, dia menjadi perwakilan UNS dalam program Utrecht Summer Schoolyang diselenggarakan di Utrecht University, Belanda dalam bidang Nanomaterial dan Nanotechnologymelalui program UNS Global Challenge.

Setelah Lulus, dia memulai karir sebagai Project Managerpada Industri Sepatu sebelum akhirnya memutuskan untuk mengikuti program Indonesia Mengajar. Indonesia Mengajar merupakan salah satu impiannya sejak dia KKN di Papua. Dia ingin menjadi bagian dan merasakan kembali semangat perjuangan anak-anak di Pelosok Negeri untuk mendapatkan pendidikan. Selama satu tahun sebagai pengajar muda, dia mendapatkan amanah dan ditugaskan di SDN Suka Makmur, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil.