Korps Pengajar Muda

Mereka adalah sarjana-sarjana terbaik dari berbagai penjuru tanah air. Mereka terpanggil untuk menjadi Pengajar Muda: ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa melalui langkah nyata di bidang pendidikan. Menjadi Pengajar Muda bukanlah pengorbanan. Ini adalah kesempatan sekaligus kehormatan besar untuk mengenal bangsa Indonesia secara langsung dan utuh. Selama setahun di daerah penempatan, mereka mengajar, berinteraksi dan membagi inspirasi.

Ayu Astika Sari Rahmania

Putri Bengkulu ini dilahirkan dengan nama Ayu Astika Sari Rahmania. Dalam kesehariannya, ia lebih akrab dipanggil Ara. Lulusan Ilmu Komunikasi di Universitas Bengkulu ini, Sejak SMP senang sekali mendengarkan radio, ini membuatnya memberanikan diri menjadi penyiar radio di Radio Swara Unib FM. Kecintaanya pada dunia penyiaran, menghantarkannya menyabet Juara II Lomba Pro DJ tingkat Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan oleh RRI Bengkulu 2015 dan masuk dalam jajaran TOP 8 Radio announcer competitionRadio PPI Dunia 2018.

Berada di organisasi yang dipenuhi orang-orang yang peduli pada masyarakat, membuat Ara aktif mengikuti kegiatan kerelawanan seperti mengajar anak-anak di daerah Pesisir Malabero Bengkulu. Ini juga membuatnya terpanggil menjadi relawan Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 ke Pulau Enggano untuk mengajar dan menjalankan program sosial kemasyarakatan.

Selepas lulus, Ara bekerja di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu sebagai staff Media Production Center (MPC) yang bertugas memberikan informasi pada masyarakat terkait program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga).

Bekerja di BKKBN begitu menyenangkan dan membuat Ara dapat mengembangkan keahlian dibidang disiplin ilmunya. Namun, pengalaman mengajar anak-anak sebagai relawan adalah hal tak terlupakan. Anak-anak merupakan pribadi yang menarik baginya. Melihat mereka yang awalnya tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak tahu menjadi tahu, sepaket dengan keceriaan, kebingungan, dan kebahagian masing-masing memberikan kepuasan tersendiri pada diri Ara, itulah yang tidak ia dapatkan di kantor.  Melalui IM, Ara berharap dapat mengembangkan potensi yang ia miliki dan dapat mengembangkan kepekaannya pada masalah dan kepribadiaan seseorang dalam belajar. Ara bertugas di SD YPK Sion 02 Ansus, Distrik Barat Kab. Kepulauan Yapen.