Kabar Terbaru Indonesia Mengajar dengan topik blog


Feb
13
Sukses itu bisa dimulai dari mana saja, dari atas oke, dari bawah juga tidak masalah. Yang penting jangan berhenti hanya 5 senti, atau 50 senti. Seperti otak orang tua yang harus di latih, fisik anak-anak muda juga harus di  sekolahkan. Dan sekolahnya bukan di atas bangku, tetapi ada di alam semesta, berteman debu dan lumpur, berhujan dan berpanas-panas, jatuh dan bangun.
Feb
10
"Terima kasih. Thank you for taking me in. This organisation is wonderful," demikian Rasidah mengucapkan salam perpisahan. Ia tidak menitikkan air mata.
Feb
08
Beberapa waktu yang lalu, seorang teman saya memposting tulisan Prof. Rhenald Kasali (Guru Besar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia) tentang konsep pendidikan melalui notes facebook-nya. Karena isi dari tulisan beliau sungguh menggugah, maka dalam laman ini, saya ingin berbagi kepada rekan-rekan semuanya, khususnya yang bergerak di dunia pendidikan.

Jan
22
Pendidikan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Ia tak hanya memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan, tetapi juga menjadikan seseorang menjadi manusia yang lebih bijak/ dewasa dalam pemikiran dan tingkah laku.
Okt
17
Tiba-tiba saja di minggu-minggu berikutnya, aku menjadi topik yang paling sering dibicarakan di kampung. Sekolah...sekolah! Anak-anak tak henti-henti meneriakkan namaku setiap pagi sebelum orang tua mereka beranjak ke kebun atau sawah.

Sep
29
  Melihat semakin banyak gerakan positif di media sosial, saya semakin optimis terhadap pembaruan dan semakin ingin membuat perubahan. Saya akan memulainya dengan sebuah langkah kecil. 
Sep
22
Dalam mengawali sebuah cerita, saya biasanya membukanya dengan sebuah pertanyaan. Dan dalam cerita kali ini pun saya akan memulainya dengan sebuah pertanyaan.  Apa yang cenderung kita lakukan ketika mendapatkan masukan atau kritikan dari orang lain? Apa respon yang secara spontan keluar dari otak?

Sep
15
Beberapa tahun lalu, sekitar  1999-2001, saya yang masih duduk di bangku SMP bergabung dengan Gerakan Pramuka dan menjadi penggalang :). Saya masih ingat rasanya pertama kali menggunakan seragam coklat coklat itu, ada bangga, ada senang, dan sedikit gugup.
Sep
09
Hari ini saya mendapat kejutan yang menyenangkan. Dua orang Pengajar Muda angkatan pertama: Faisal Effendi dan Rusdi Saleh datang ke kantor Indonesia Mengajar menjelang kembali ke daerah penempatan mereka. Lebih mengejutkan lagi, Faisal mengeluarkan dua kotak telur asin Brebes dari tasnya. Telur asin yang dibawa Faisal memang unik. Aku seolah melihat wajah ibuku di sana.