Jan
26

Kabupaten Natuna merupakan kabupaten yang terletak di provinsi Kepulauan Riau. Kabupaten Natuna merupakan pulau yang tergabung dalam gugusan Pulau Tujuh, yang berada di lintasan jalur pelayaran internasional dari dan atau ke Hongkong, Taiwan, dan Jepang. Natuna memiliki batas-batas sebagai berikut: utara berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, timur berbatasan dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat, dan barat beratasan dengan Singapura, Malaysia, dan Riau.

Iklim di Kabupaten Natuna adalah tropis basah, dengan temperatur rata-rata 27,10OC. Cuaca sering tidak menentu. Hujan disertai angin kencang, badai, dan gelombang yang mencapai ketinggian hingga lebih dari tiga meter sering terjadi secara tiba-tiba. Berdasarkan arah angin, masyarakat setempat mengenal adanya empat musim, yakni: utara, timur, selatan, dan barat.

Penduduk di Kabupaten Natuna mayoritas adalah Suku Melayu dan memeluk agama Islam dengan mata pencaharian sektor pertanian dan perikanan. Profesi lain yang juga dilakukan oleh penduduk Kabupaten Natuna adalah industri, perdagangan, transportasi, dan pemerintahan. Agama lain yang dianut oleh para penduduk adalah Budha, aliran kepercayaan, Katolik, Kristen dan Hindu.

Ibukota Kabupaten Natuna adalah Ranai. Pengajar Muda ditempatkan di sepuluh desa penempatan. Enam diantaranya terletak di Pulau Bunguran, yaitu Desa Pengadah, Desa Teluk Buton, Desa Kelarik, Desa Pian Tengah, Desa Setumuk, dan Desa Gunung Putri. Sedangkan empat lainnya tersebar di Pulau Subi dan Pulau Serasan yang berjarak sekitar 22 jam dengan kapal laut. Dua diantaranya berada di Desa Batu Berian dan Desa Air Nusa yang berada di gugusan Pulau Serasan, dan dua lainnya berada di Pulau Kerdau dan Pulau Panjang yang berada di gugusan Pulau Subi.

 

Kembali ke Daerah Penempatan »


11 Komentar
  • angrie ramdanie
    pengen ke daerah ini
  • wulan yulianasari
    Ini yang jadi pengajar muda mksudnya gitu jadi gurukan? Apa ini juga termasuk program pemerintah? Terus apa harus lulusan univ dulu? Kalo benar di sana gak ada sinyal apa disana masih ada listrik?
  • Muhammad Faris Afif
    Selamat siang mbak Wulan.

    Pengajar Muda (PM) memang bertugas selama setahun menjadi guru di SD, namun lebih dari itu PM bertugas menggerakkan masyarakat di lingkungan nya sehingga kemandirian muncul dari mereka untuk memajukan pendidikan bersama. Indonesia Mengajar bukanlah program pemerintah, karena kami berstatus yayasan/NGO yang bisa dikatakan ini adalah gerakan masyarakat sipil.

    Terkait listrik, ada beberapa wilayah yang sudah ada listrik, ada juga yang belum, jadi memang belum merata.
  • Muhammad Faris Afif
    Selamat sore mbak, maaf baru merespon.
    Indonesia Mengajar memfasilitasi untuk training persiapan sebelum di tempatkan di daerah terpencil, dan memberikan kompensasi selama satu tahun disana.
  • Rubaini
    sya dari Provinsi Kepulauan Riau, apakah ada tes di Daerah kami ?
  • Amina Raisa
    Selamat malam , permisi ingin menanyakan jika ingin mengontak indonesia mengajar bisa mengontak siapa ya? Saya dan teman teman saya akan melakukan pengabdian di desa pengadah sekitar 7minggu. Terimkasih :)
  • Herman Tobing
    Saya GTT Provinsi Kepulauan Riau ingin bergabung.. dan saya sdh memiliki NUPTK dan saya sdh bekerja dibawah pemerintahan provinsi sejak 2010 hingga skrg. Apakah seperti saya bisa bergabung di indonesia mengajar? Secara umum saya sudah mengenal Kabupaten Natuna dan keadaan geografisnya..dan saya sudah terbiasa dg penempatan di daerah 3T.tks
  • DWI PUJA
    saya pernah ke daerah ini saat melakukan sirkesnas dari Litbangkes RI , semoga saya bisa balik mengabdi ke daerah ini sebagai pengajar muda.
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!