Mei
10

JAKARTA - Sejak Oktober 2018, Heinz ABC berkolaborasi dengan Indonesia Mengajar dalam pelaksanaan program ABC Sobat Cerdas di puluhan sekolah dasar di Indonesia. Penyelenggaraan ABC Sobat Cerdas ini bertujuan untuk meningkatan nilai Program for International Student Assessment (PISA) anak Indonesia melalui kemampuan kognitif dari pelajaran Matematika, IPA hingga literasi bahasa. 

Sesuai dengan kriteria penilaian PISA yang dilakukan pada siswa dengan usia 12-13 tahun, ABC Sobat Cerdas diikuti oleh seluruh siswa kelas V dan VI SD di tiap sekolah. Selama kegiatan berlangsung, seluruh siswa yang menjadi peserta acara akan dibimbing oleh fasilitator untuk belajar Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia dengan metode yang kreatif dan menarik disertai modul pembelajaran yang dibagikan pada tiap siswa. 

Untuk mendukung kegiatan Sobat Cerdas ABC, modul dikemas secara kreatif dengan cakupan materi yang dipelajari siswa kelas besar. Di antaranya seperti alat pernafasan pada hewan, sistem peredaran darah, adaptasi tingkah laku, dan fotosintetis untuk materi IPA, penjumlahan bilangan bulat, FPB dan KPK, serta akar pangkat untuk materi matematika, dan materi unsur intrinsik cerita serta puisi untuk Bahasa Indonesia. Seluruh material ini juga dikemas menggunakan metode pembelajaran kreatif berupa menghapal cepat melalui beberapa metode, seperti gerakan, menggunakan cerita, hingga lagu-lagu dengan nada familiar bagi siswa serta menarik. Sehingga memudahkan siswa dalam belajar dan menjadi hal paling digemari dalam kegiatan ABC Sobat Cerdas. 

ABC Sobat Cerdas semakin menarik karena selepas kegiatan belajar, siswa bersama-sama menikmati makan siang dengan menu Sarden ABC yang dilengkapi dengan nasi dan telur. Bersama ABC Sobat Cerdas, siswa-siswi kini tahu betapa pentingnya proses belajar yang efektif serta dukungan dari nutrisi yang tepat dalam keseharian mereka di sekolah. 

Nutrisi yang tepat adalah nutrisi yang dapat menunjang proses peningkatan pembelajaran agar agar lebih optimal dan serapannya menjadi maksimal. Sarden ABC memiliki kandungan Omega 3 & Omega 6 yang terbukti baik untuk tumbuh kembang otak anak. Jadi di dalam setiap kaleng Sarden ABC bukan hanya rasa enak yang dinikmati siswa siswi namun juga manfaat yang baik untuk kecerdasan mereka. 

Kegiatan ini tentu juga didampingi oleh fasilitator di setiap kelas yang menjadi peserta kegiatan. Selain itu, bapak/ibu guru dan tenaga pengajar lainnya juga mendapatkan pembelajaran baru 

melalui pembahasan isi modul. Pembahasan modul dengan pihak sekolah juga bertujuan agar metode kreatif dapat terus terlaksana di sekolah, meskipun ABC Sobat Cerdas sudah usai dilaksanakan. 

ABC Sobat Cerdas telah berlangsung di 39 sekolah dasar yang tersebar di wilayah Jakarta hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dalam batch 1 yang dimulai sejak Oktober 2018, kegiatan ABC Sobat Cerdas dilakukan di tujuh sekolah di Bandung dan Jakarta. Dilanjutkan dengan batch 2 yang dimulai sejak Februari hingga April 2019. Batch 2 berlangsung di 32 sekolah yang tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, Cimahi, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Lombok. Sehingga jumlah keseluruhan siswa dalam batch 1 dan batch 2 yang telah mengikuti kegiatan ini adalah 14.040 siswa, sedangkan untuk guru adalah 234 guru. 

Tidak berhenti di situ, ABC Sobat Cerdas batch 3 akan dimulai kembali pada Juli 2019. Sepanjang Juli hingga September 2019, ABC Sobat Cerdas akan hadir di 28 sekolah yang tersebar di Makassar, Medan, Palembang, Lampung, Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin. Hal ini tidak terlepas dari respon positif yang disampaikan pihak sekolah yang menjadi lokasi diselenggarakan-nya ABC Sobat Cerdas dan seluruh kebersamaan yang dilakukan anak-anak dan panitia. 

Kolaborasi yang dilakukan antara Heinz ABC dengan Indonesia Mengajar juga memperlihatkan satu prinsip tanggung jawab peningkatan pendidikan bukan hanya di pemerintah saja tapi dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Terbukti, Heinz ABC sebagai sebuah perusahaan dan Indonesia Mengajar sebagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan telah turut terlibat memajukan pendidikan di Indonesia. Selanjutnya, semoga Sarden ABC bersama Indonesia Mengajar dapat terus menyebarkan edukasi dengan cara menarik dan bermanfaat bagi anak Indonesia untuk menjadi yang tercerdas di dunia.


0 Komentar
Tinggalkan komentarmu

Belum punya akun? Daftar sekarang!