Taman Teman Bermain

"Karena berbagi bisa dimulai dari hal yang sederhana di lingkungan terdekat kita."

 

#selaluadatemanmain

Apa Itu Taman Teman Bermain?

Di sekitar kantor Indonesia Mengajar terlihat ramai oleh anak-anak yang bermain di sudut-sudut jalan. Salah satu ruas jalan, biasanya, digunakan untuk bermain sepakbola. Padahal di situ juga ramai mobil lalu lalang.  Hal ini dikarenakan tidak adanya ruang bermain untuk anak-anak. 

 

Berawal dari hal tersebut, kami melihat Joglo di kantor Indonesia Mengajar berpotensi dapat mengatasi keterbatasan ruang bermain anak-anak. Cerita inilah yang mengawali adanya Taman Teman Bermain di Kantor Indonesia Mengajar.

 

Bagaimana dengan lingkungan di sekitarmu? Apakah kamu juga punya kegelisahan yang sama atau berbeda di lingkungan sekitarmu? Apakah kamu melihat ada potensi yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan di lingkunganmu?

 

Inilah saatnya kamu memulai gerakan Taman Teman Bermain di lingkungan terdekatmu!

"Kakak relawan yang baru, ya?"

 

Begitulah respon dua anak perempuan yang menyambutku di pintu masuk kantor Indonesia Mengajar, di Senayan Bawah, kala Sabtu 10 Februari 2018 lalu.Mereka berlari ke pintu gerbang ketika saya baru saja turun dari sebuah transportasi online yang saya gunakan. Sungguh memorable banget. Mereka berlari-lari kecil, giginya yang lucu terlihat saat mereka tertawa kecil menyambut kedatanganku.

 

Dari awal pendaftaran menjadi relawan Taman Teman Bermain saya tertarik dengan pesan yang dibawanya, yaitu bahwa untuk bermanfaat kita tidak perlu jauh ke daerah perbatasan di Indonesia, bermanfaat bisa dimulai dari lingkungan di sekitar kita. Tentu saja itu ada benarnya. Tidak jarang kita terlalu meresahkan kondisi-kondisi, situasi-situasi, keadaan-keadaan yang jauh atau bahkan terlampau jauh dengan kita. Padahal di sekitar kita pun banyak sekali hal yang bisa kita lakukan. Sesederhana berinteraksi positif dengan anak-anak dalam balutan permainan.

 

Percayalah, semenjak ada Taman Teman Bermain hari Sabtu sering terasa begitu beda. Tawa, aroma keringat, sentuhan tangan kecil, kecerian, kepolosan, serta semangatanak-anak seperti menjelma obat untuk kami, katakanlah terutama saya, untuk terus melihat hidup sebagai arena bermain yang menyenangkan. Rasa-rasanya terngiang rupa-rupa perkataan anak-anak seperti “kak, hari ini kita main apa?” tanya Rasya, salah satu anak di Taman Teman Bermain. Atau “kak, kita senam Maumere ya!” seru Rama bersemangat.

 

Dan kami pun terus menari. Terus bermain karena #selaluadatemanmain di Taman Teman Bermain.

 

Cerita oleh: M. Fachrizal Helmi, Relawan TTB

 

Bagaimana Memulai TTB?

             

Sikap Dasar TTB

       

Taman Teman Bermain percaya bahwa cita-cita melibatkan publik untuk membangun ruang interaksi positif di lingkungan terdekat dapat tercapai dengan adanya sikap dasar yang diamalkan oleh relawan dan pengelolaannya. Ada enam sikap dasar Taman Teman Bermain, yaitu:

 

  1. Fleksibilitas. Semua proses kegiatan yang dilakukan di Taman Teman Bermain bersifat terbuka dengan menyasar tujuan TTB.

  2. Koordinasi. Komunikasi dan keterbukaan antara relawan memegang peran penting melalui proses briefing dan refleksi.

  3. Komitmen. Bersikap rela berkorban dalam hal waktu, tenaga, dan pikiran untuk menjalankan kegiatan.

  4. Kesukarelaan. Semua pihak yang terlibat mengikuti kegiatan dengan kerelaan hati, tanpa paksaan, tanpa uang dan inisiatif dari relawan.

  5. Kreatif. Bersikap kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan TTB.

  6. Bebas Kepentingan. Tidak mementingkan kepentingan pribadi dan fokus pada cita-cita TTB dan kemajuan pendidikan Indonesia.