Ayo jadi Relawan

Semua orang dapat turut ambil bagian dalam gerakan ini.

Pilih paket pengorbanan sesuai kesanggupan Anda dan ikut urun kehadiran bagi pendidikan Indonesia.

Gabung Jadi Relawan!

Masukkan email Anda untuk menerima info terkini seputar kegiatan kami

Sejak pertama kali mengirimkan Pengajar Muda pada tiga tahun lalu, Gerakan Indonesia Mengajar menjadi saksi bahwa di ujung-ujung republik, ribuan orang terus bekerja dengan rendah hati menopang pendidikan untuk ikut membangun negeri ini. Kami  bersaksi atas ribuan guru, kepala sekolah, pejabat pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tentara perbatasan, dokter daerah terpencil dan barisan orang lain yang tetap bekerja dengan penuh semangat demi generasi masa depan kita.

Di kota-kota besar, publik pun tergerak untuk turut serta dalam roda perubahan. Ayo gabung jadi Relawan Gerakan Indonesia Mengajar!

 

Sebelum diberangkatkan, para calon Pengajar Muda akan mendapatkan pelatihan intensif selama dua bulan. Salah satu ragam kegiatan pelatihannya adalah Praktik Pengalaman Mengajar (PPM). Selama satu minggu penuh para calon pengajar muda melaksanakan PPM dengan didampingi Asesor Pedagogi sebagai ahli dalam ilmu pendidikan anak.

 

  • Komite Rekrutmen

Dalam persiapan misi keberlanjutan daerah, Indonesia Mengajar mengundang publik untuk terlibat menjadi relawan Komite Rekrutmen Pengajar Muda. Kerumunan relawan ini bertugas mengundang dan menjaring pemuda-pemudi pemberani yang siap ambil bagian menjadi Pengajar Muda.  

 

  • Indonesia Menyala

Pada tahun 2011, muncul inisiatif Indonesia Menyala, gerakan perpustakaan yang bertujuan meningkatkan minat baca di daerah penempatan Pengajar Muda. Selain tumbuh di Jakarta, Indonesia Menyala juga menggeliat di beberapa kota lain seperti Yogyakarta, Makassar, Aceh, Surabaya, dan Palembang. 

 

Aspirasi kalangan profesional untuk ikut berkontribusi bagi pendidikan terus bergerak semakin besar. Pada tahun 2012, inisiatif Kelas Inspirasi mulai bergerak merangkul para relawan dari berbagai profesi untuk cuti sehari dan menginspirasi siswa SD di perkotaan tentang cita-cita. Tak hanya berhenti di aksi menginspirasi dalam sehari, sebagian relawan pun masih menjaga silaturahim dengan SD tempat mereka bertugas.

 

  • Festival Gerakan Indonesia Mengajar

Ketulusan itu menular. Energi positif yang dirasakan para relawan yang pernah terlibat terus menulari lingkungan sekitarnya. Karena itu, Gerakan Indonesia Mengajar mengundang masyarakat Indonesia untuk hadir di Festival Gerakan Indonesia Mengajar yang akan diadakan di Ecovention Hall, Ancol pada 5-6 Oktober 2013. Di festival ini, ribuan relawan pengunjung melakukan kerja bakti bagi pendidikan Indonesia dengan membuatkan media belajar kreatif bagi SD-SD di ujung republik.

 

  • Ruang Belajar

Semangat berbagi pengalaman mengajar dan pembelajaran yang menyenangkan dari kelas yang diampu Pengajar Muda dituangkan dalam portal Ruang Belajar. Lebih dari itu, portal ini juga dikelola tim relawan yang ahli di bidang pedagogi, kebahasaan, dan sosialisasi. Dengan adanya portal ini, para pengunjung bisa mempelajari metode yang digunakan dan menerapkannya saat di kelas atau di rumah.

 

***

Hingga kini, jumlah relawan yang pernah bergerak bersama Indonesia Mengajar mencapai angka belasan ribu orang. Mereka hadir langsung, tak ada undangan luar biasa yang dapat perlakuan istimewa.

Semua setara. Semua tulus. Semua siap berbagi. Karena semua yakin bahwa pendidikan adalah urusan bersama.

"Berhenti mengeluh tidaklah cukup. Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup. Lakukan sesuatu saat ini juga. Satu langkah kita akan mengundang yang lain untuk juga bergerak."