Cerita PM dengan topik pengajar muda


Nov
04
Perjalanan tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya 30 menit kami berada di pesawat lalu segera tiba di Bandara Raden Inten II, Lampung. Di sana aku dan teman-temanku dijemput oleh Pengajar Muda angkatan 1, yang telah bertugas di sini selama satu tahun kebelakang. Kami sedikit sulit untuk mengkoordinir barang bawaan kami. Walaupun kami bertujuh kami membawa sekitar 20 barang bawaan. Dua mobil yang menjemput hampir tidak bisa mengangkat barang bawaan kami ...
Nov
28
Indonesia Mengajar, mungkin sekarang bisa dikatakan membuat gempar. Pengiriman 51 Pengajar Muda angkatan pertama 10 November 2010 silam membuat bangsa ini membuka mata, betapa beratnya janji kemerdekaan “mencerdaskan kehidupan bangsa” harus dilunasi.
Jul
07
Selamat datang para pemberani!” – Hikmat Hardono, Program Director Indonesia Mengajar Itulah kata sambutan yang pertama kali saya dengar ketika berkumpul dengan ke-71 orang pengajar muda dalam acara pembukan training intensif selama 7 minggu. Sebuah kalimat yang sangat memotivasi, namun sekaligus menggelitik hati kecil saya. Benarkah saya pemberani? Benarkah saya menjalani semua ini untuk mengabdi? Benarkah saya siap dengan segala suka dan duka yang akan saya temui di daerah penempatan nanti?

Apr
27
Hari-hari terasa cepat kulalui di akhir-akhir masa penugasan di Fakfak, Papua Barat. Saat kupindah foto-foto dari kamera ke laptop, kulihat sudah 11 folder kubuat, berarti April ini memasuki bulan ke-11, tersisa 1 bulan efektif aku bertugas di SDN Tarak, Distrik Karas. Jauh sebelum aku datang di sini, memang sudah terpikir akan membuat sesuatu yang bisa memutar memori saat aku sudah pergi. Seperti dulu saat bermain bersama anak-anak di Merapi, aku ...
Mei
10
Selama paruh kedua abad kedua puluh, zona bebas militer yang menjadi pemisah Korea Utara dan Korea Selatan mungkin merupakan salah satu tempat paling berbahaya di dunia.

Mei
08
Saya yakin teman-teman banyak mendapat masukan agar ikut Gerakan Indonesia Mengajar. Namun, agar informasi Anda seimbang, sesuai pengalaman saya, saya ingin berbagi mengenai 10 alasan mengapa teman-teman jangan menjadi Pengajar Muda.
Mei
06
Konon, filsuf Yunani kuno Pythagoras senang berjalan-jalan melewati bengkel kerja seorang tukang besi di Pulau Samos. Seperti biasa dia mendengar bunyi klontang-konteng tanda beradunya martil dan batang besi yang dikerjakan.

Jul
07
Selesai ibadah rumah tangga malam Kamis itu seperti biasa para jemaat bercakap-cakap santai sembari menikmati suguhan sederhana yang dihidangkan sang empunya rumah yang kebagian tugas menjadi ‘host’. Disini kami kadang hanya mengudap kacang rebus atau ubi goreng dari kebun sendiri dilengkapi teh manis hangat dan diselingi gelak tawa yang ramah dan penuh rasa kekeluargaan. Saat ngobrol-ngobrol itulah saya diberitahu bahwa akan ada Ngaben esok hari di desa Tandus, bagian dari ...
Sep
07
“Impian bukan hal main-main Nak, impian adalah doa dari jiwa, harapan yang dituliskan oleh jiwamu pada buku hidupmu, perkara ilahi yang Tuhan titipkan di kalbumu. Berjuanglah untuk mewujudkannya..”